July 4, 2024

Setiap instalasi penangkal petir selalu membutuhkan tiang penyangga, berfungsi menaikkan di tinggi ideal sebuah unit Terminal Penerima petir agar didapatkan posisi lapang dan terbuka agar mendapatkan radius perlindungan yang optimal.

Fungsi Tiang Penyangga

Tiang / penyangga ini adalah batang penegak yang berfungsi sebagai media menempatkan dan menaikkan posisi head terminal penangkal petir agar mendapatkan level yang tinggi, sedangkan level ketinggian penangkal petir sangat berarti untuk mendapatkan radius proteksi yang lebih besar.

Semakin tinggi posisi maka secara otomatis kemampuan proteksi terhadap sambaran petir semakin besar, meskipun dari head terminal elektrostatik yang dipasang juga mempunyai spesifikasi radius proteksi perlindungan yang optimum.

Material yang digunakan

Material yang dapat digunakan besi atau pun stailess steel bisa berbentuk  Pipa, Pipa Hexagon atau kerangka batang sangat tergantung dari kebutuhan kontruksi dibangunan tersebut.

Pemanfaatan ganda dari sebuah tiang penyangga penangkal petir juga bisa dilakukan semisal juga digunakan sebagai Antena komunikasi, bisa juga asal mengikuti standart teknis pemasanga penangkal petir.

Bentuk yang ideal

Ada banyak macam jenis model dan bentuk kontruksi untuk tiang penyangga penangkal petir diantaranya :

Tiang Penyangga diatas bangunan berdak beton

Kontruksi Tiang Penyangga Penangkal Petir
Kontruksi Tiang Penyangga Penangkal Petir

 

 

 

 

 

 

Bila kita memiliki bagian ujung bangunan yang datar/berdak beton gunakan model standart tiang seperti ini, berbentuk tiang pipa yang tegaknya ditopang rangkaian sling (kawat sling) untuk menegakkannya

Tinggi yang di mungkinkan untuk kontruksi ini dan material yang sering digunakan

Tinggi Bahan
3 mtr Pipa 2 Inc
6 mtr Pipa 2 Inc
7 mtr Pipa 2,5 Inc & 2 Inc
11 mtr Pipa 2,5 Inc & 2 Inc
12 mtr Pipa 2,5 Inc & 2 Inc
15 mtr Pipa 3 Inc & 2,5 Inc & 2 Inc

Tiang Penyangga diatas bangunan dengan ujung bubungan

Penyangga penangkal petir di atas kontruksi atap
Penyangga penangkal petir di atas kontruksi atap

Tiang Penyangga Tiang Tunggal / Free standing

Kontruksi tiang Monopole
Kontruksi tiang Monopole

 

 

 

 

 

 

Jenis kontruksi ini diperuntukkan agar letak penangkal petir berada di posisi Ideal Area / lahan dan tanpa melibatkan struktur bangunan untuk berdiri tegaknya .

Tiang Penyangga Tiang Tunggal sangat cocok untuk pengamanan area Hight Explosife atau area Terbuka yang lain ( golf, Kebun )

Tiang Triangle

Batang batang besi ringan dan kecil dengan 3 bagian kaki yang di susun dan di las, kemudian di susun tinggi yang sebagai peopang tegaknya triangle ini adalah kawat baja ( sling ).

Kerangka Batang atau Tower

Tower merupakan kontruksi besi yang disusun dari batang batang Kremona sehingga menghasilkan kontruksi yang kuat dan koko , dimana posisi tumpu dan sambungan dihubungkan dengan Nur dan Baut. Karena sifat dari kontruksi ini yang bongkar pasang ( knock Down )

Fungsi Isolator

Bila kita menggunakan sistem penyalur petir kedap yakni tanpa mengikutkan struktur logam bangunan sebagai penguat penghantar petir maka diperlukan tiang penyanga yang bermaterial isolator ( pvc, plastik, Fiberglass ) dengan panjang kisaran 50 cm sampai 2 mtr dengan maksud menjauhkan titik hantam petir dari bodi logam bangunan.

Dengan cara ini pengaruh gelombang elektromagnetis akan bisa sangat dikurangi , teknis dan kontruksi ini di ambil saat kita juga memanfaatkan tiang penangkal petir sebagai antena, pipa isolator ini di kalangan umum dinamakan Conector Sleafe.

Apapun materialnya dan bentuknya yang jelas fungsi utama dari tiang penyangga ini adalah meletakkan lebih tinggi dari semua yang ada di sekitarnya.