Side Flashing Akibat Kabel Penghantar Penangkal Petir Kurang Memadai

Saya Suseno dari Malang, Minggu yang lalu kita punya pengalaman buruk dengan petir, tower triangle wifi kami kesambar petir anehnya aliran api petir tidak masuk ke grounding tetapi pada ketinggian sekitar 6 mtr melompat berpindah menyambar ke pohon cemara tetangga yang jaraknya sejauh +/- 10 mtr, Saya sih tidak melihat sendiri hal ini Tetapi tetangga yang komplain kepada saya. Apakah hal ini mungkin terjadi, sebab tower semua dari besi dan sudah ada penangkal petir nya dengan ukuran kabel penghantarnya tembaga 25mm ?

jawab :

Cerita dari bapak Suseno dari malang sangat memungkinkan terjadi, keluarnya aliran listrik dari jalur yang di buat diistilahkan Side Flashing, sebelum kita membahas teknis penanganannya kita akan bahas dulu dari karakter petir saat menyambar permukaan bumi :

  • Tegangan dari petir susah di ukur besarnya, dari beberapa literatur menyatakan tegangan petir yang sampai di permukaan bumi bisa kisaran 2000 ~ 200.000 volt atau juga bisa lebih.
  • Sifat aliran arus petir berada di sisi permukaan penghantar.
  • Arus petir akan mudah mengalir di bagian berlogam tinggi, dengan kata lain bahwa arus petir akan memilih jalur yang memiliki tahanan jenis kecil sebagai misal bila ada penghantar berupa alumunium dan tembaga yang di sejajarkan dan kemudian mendapat sambaran petir maka arus petir akan cenderung untuk ada di kabel berbahan Tembaga.
  • Bisa mengalir dan merambat di permukaan basah dan ber air, sifat ini merupakan sifat dasar dari listrik.
  • Lebih mudah mengalir di struktur yang terhubung kuat dengan bumi, kekuatan hubungan logam ke bumi di ukur dengan Resistansi logan dengan tanah pada jarak tertentu ( misal 6 mtr ) dengan tahanan maksimal 5 ohm.
  • Luas penampang kabel yang mampu mengalirkan arus tegangan minimal 50 mm, bila kabel penghantar kurang dari 50 mm ada beberapa kemungkinan yang terjadi pertama kabel akan Lebur meleleh akibat energi yang besar dan yang kedua akan mencari saluran yang memungkinkan di aliri ke buni ( side flashing ).
  • Sambaran petir akan mengarah ke permukaan bumi bertujuan untuk melepaskan muatan elektron yang terkumpul di awan efek dari sambaran ini akan membakar semua materi yang dilaluinya, berhubung bumi adalah massa yang sangat besar maka arus petir akan habis terserap habis.

Dari sifat aliran petir seperti di atas dan dari dari cerita bapak kami memberikan kesimpulan bahwa …

Side Flashing akibat kabel penghantar penangkal petir kurang memadai

Side Flashing

Side Flashing

Bahwa kabel penghantar arus petir yang bapak gunakanpada penangkal petir kurang memadai luas penampangnya cuma sebesar 25 mm karena kurang besar menimbulkan arus sambaran petir dapat  keluar atau melompat dari jalur kabel penangkal petir yang dibuat dan mengenai Pohon cemara di sebelahnya kata lain ini disebut dengan Side Flashing.

Atau bisa pula Tahanan Tanah ( nilai grounding ) tinggi, tidak sesuai standart atau lebih dari 5 Ohm, efeknya membuat hambatan saat pelepasan muatan ke tanah.

Untuk menghilangkan kemungkinan Side Flasing kami menyarankan beberapa hal

  1. Perbaikan grounding dengan cara membuat grounding di sekitar grounding lama dan di hubungkan sampai menghasilkan tahanan sebaran tanah kurang dari 5 Ohm.
  2. Mengganti kabel penghantar dengan kabel berisolasi yang luas penampangnya lebih dari 50 mm,  bila perlu menambahi dan menyelubunginya dengan isolator / PVC.
  3. Menghubungkan besi tower triangle dengan grounding bisa di paralelkan dengan grounding penangkal petir yang sudah ada.