Penangkal Petir Kapal

Anda mungkin sudah tahu bahwa di alam terbuka seperti ditengah laut lepas sering kali terjadi badai yang disertai petir, pengeboran lepas pantai juga sering terkena imbasnya bahkan tidak sedikit kapal nelayan, perahu maupun kapal pesiar yang tersambar oleh petir. Bahkan ada pula kapal yang tersambar hingga terbakar dan dapat merenggut jiwa manusia yang di atas kapal tersebut. Petir merupakan sesuatu keganasan alam yang tidak terkendali dan sangat besar kandungan listrik didalamnya, hal ini dapat merusak badan kapal maupun peralatan elektronika yang berada didalam kapal. Seperti baru baru ini didaerah madura dimana petir menewaskan 3 orang nelayan saat berlayar.

Petir di laut lepas tidak dapat diterka akan mengenai bagian apa saja di kapal, untuk itu akan kita perjelaskan pengamanan kapal laut dengan menggunakan penangkal petir kapal. Sehingga membuat kapal maupun penumpang yang berada didalamnya merasa aman di laut.

Pergerakan Petir dan Aliran Petir

Petir terjadi ketika arus air yang naik dan membawa tetesan air super dingin dan kristal es bersama-sama dan kumpulan awan menjadi bermuatan listrik dan menghasilkan petir. Menurut National Oceanic dan Atmospheric, meskipun ada banyak teori yang terjadi seperti yang di atas, tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti bagaimana interaksi antara kristal es menciptakan serangan petir. Tapi kita tahu bahwa kejadian ini membentuk saluran listrik partikel yang disebut pembuka jalan petir, yang berjalan zigzag melalui udara di sepanjang jalan, menjadikan jalur petir berjarak sekitar 50 meter.

Pembuka jalan petir sendiri sebenarnya tak terlihat, karena tunasnya sangat panjang dan lebih cepat dari mata manusia untuk dapat melihatnya. Sebagai petir yang terjadi dapat mendekati sebuah saluran yang berlawanan muatan listriknya, yang dapat mengenai sebuah pohon, tiang, bangunan atau kapal. Dua saluran saling tersambung dan aliran listrik mulai mengaliri sebuah target dari 100 juta hingga 1 miliar volt dan bermiliar watt. Apa yang dapat kita lihat adalah lampu kilat dari satu sampai 20 kembalinya sambaran, sangat penuh dengan pancaran dan namun hanya satu atau dua inci beda diameternya.

Banyak penangkal petir di sebuah rumah atau bangunan yang bekerja untuk mengantarkan sambaran petir ke tanah, kunci di laut adalah menghantarkan semua aliran listrik dari petir menuju ke suatu tempat. Ingat, petir hanya mengikuti jalur yang paling mudah didapat bukannya meninggalkan jalannya sambaran sepenuhnya.

Satu hal yang harus dipertegaskan lagi, bahwa tidak ada jaminan 100% aman dari serangan petir. Ketidak pastian akan kekuatan dari petir yang sangat mengerikan sehingga jalan terbaik untuk kita harapkan adalah untuk mengurangi kemungkinan kerusakan yang terjadi akibat dari petir. Pilihan pertama dan yang terbaik adalah dengan menghindari serangan petir di tempat pertama. Lacak arah dari serangan petir menggunakan radar di kapal anda dan jangan menunggu hingga petir bergerak tepat di atas anda akan sangat berbahaya.

Jika anda mendengar suara mendesis dari antena anda atau dari tongkat pancingan anda, mungkin anda telah menunggu terlalu lama. Karena petir bisa menyambar hingga 8 atau 10 mil dari pusat badai sebenarnya.

Penangkal-Petir-Kapal
Serangan petir Menyebar

Bentuk umum perlindungan dari serangan petir yang menuju kapal dalam bentuk zona perlindungan. Zona itu terbentuk dari landasan dari struktur logam yang mengelilingi badan kapal untuk menangkap dan menghantarkan serangan petir ke tanah melalui air. Yang sering terjadi diatas kapal, Listrik bergerak ke arah bawah dan ke dalam air melalui mesin menuju ke poros dan baling-baling, atau melalui piringan eksternal yang terpisah. Meskipun hal ini biasanya melindungi anda dan penumpang anda dari bahaya terbakar, tetapi sayangnya kejadian ini bisa membuat sensor mesin, monitor dan atau komputer anda rusak terbakar setelah tejadi serangan petir.

Peralatan navigasi dapat rusak berat bila terkena petir maka pemasangan penangkal petir kapal laut sangat penting dengan memberikan saluran elektris di bagian tertinggi ke permukaan air.

Sebuah kapal untuk olahraga memancing sangat baik menghantarkan petir, karena memiliki banyak logam sebagai isolatornya, kapal ini juga bisa dianggap sebagai kapal penangkal petirkarena setiap badan kapal dapat menyalurkan arus petir. Dan dengan suprastruktur kuat yang banyak ditemukan di perahu nelayan, setelah anda mengikat semua bersama-sama, anda biasanya hanya perlu menambahkan sebuah konduktor disekitar buritan. Anda telah membuat perlindungan dari petir zona besar.

Mendistribusikan energi petir ke dalam air melalui badan kapal yang terbuat dari logam adalah kunci utamanya. Ini membantu mencegah lompatan petir dari samping. Ketika terlalu banyak daya yang melewati sepanjang jalur tunggal, dan kilat melompat dari satu item konduktif ke dalam perahu anda itulah yang disebut dengan lompatan petir. Petir dapat melompat melalui dinding pemisah, furnitur atau bahkan orang sebagaimana kilatan dari titik satu ke titik yang lain. Jadi menyediakan tambahan konduktor listrik adalah pilihan Anda yang sangat penting.

Ada beberapa cara untuk mencoba melepaskan energi petir agar anda aman untuk pergi ke mana Anda ingin pergi. Anda dapat menambahkan grounding strip dari alat baling-baling kapal dan anda juga dapat menggunakan kemudi perunggu sebagai grounding bawah air. Atau anda dapat menambahkan elektroda, seperti Siedarc. Ini cocok dengan melalui lambung ditempatkan tepat di atas permukaan air, menyediakan point ganda untuk langsung dibuang di laut.

Dissipaters statis juga sangat membantu dengan menggunakan beberapa titik pembuangan (elemen logam tipis yang terlihat, lebih atau kurang, seperti sikat kawat besar) untuk secara cepat menghilangkan muatan ke atmosfer. Itu sangat besar mengurangi obyek listrik “daya tarik”, yang mengurangi kemungkinan serangan yang sama terjadi di tempat pertama. Alat itu murah dan mudah untuk ditambahkan ke perahu manapun, namun untuk sementara alat itu telah terbukti efektif dalam mengurangi serangan pada menara telekomunikasi, efektivitas alat tersebut dikapal belum dikonfirmasi. Kegunaan alat tersebut secara keseluruhan untuk kapal masih dipertanyakan oleh banyak ahli, namun kedua US Coast Guard dan Angkatan Laut mengemukakan bahwa alat tersebut cukup efektif untuk kapal mereka.

Arus Inhibitor menyajikan pilihan lain. Meskipun tidak ada penelitian yang mendukung penggunaan khususnya untuk kapal, unit-unit ini telah terbukti efektif di laboratorium. Alat ini mengurangi kemungkinan petir menyerang sebuah objek dengan menghambat pembentukan pita dari struktur, melalui cahaya modus korona, yang pada dasarnya adalah elektrik alami. Alat ini mudah dipasang dan tidak memerlukan retrofit utama.

Tidak ada yang namanya perlindungan yang lengkap terhadap petir. Tapi dengan adanya beberapa pertimbangan yang baik dan perkuatan sedikit Anda dapat sangat mengurangi kemungkinan kapal Anda diserang atau mengalami kerusakan lebih buruk ketika alam melepaskan kekuatannya.

Tip Menghindar dari petir

Karena tidak ada 100 persen bentuk kesiapan dari serangan petir, Anda harus mengambil semua langkah yang memungkinkan ketika diserang. Salah satu trik yang tidak biasa adalah dengan mengambil semua unit elektronik anda ke dapur kapal. Sebuah oven, terutama microwave, adalah sebuah konduktor tertutup. Masukan perangkat genggam anda di dalam, tutup pintu, dan mereka akan aman dari serangan petir. Jangan sampai anda tidak sengaja menekan tombol start microwave anda saja ya…. 😀