Internal Protection Dengan Arrester Petir

Internal Protection adalah sistem pengamanan jaringan kabel daya atau data di dalam bangunan agar efek dari sambaran petir tidak merusak peralatan elektronik dan komunikasi, arrester petir merupakan perangkat yang dipasang dijaringan daya difungsikan untuk membelokkan tegangan petir ke grounding fungsi lain Penangkal Petir.

Bahwa setiap jaringan kabel yang ada didalam ataupun diluar suatu bangunan tidak menutup kemungkinan menjadi akses atau pintu masuk arus petir,hal inilah yang kurang kita sadari akan bahaya yang akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan perangkat elektris lainnya.

Semisal :

Listrik di sebuah bangunan memakai supply daya dari listrik melalui kabel udara PLN. Ketika Petir menyambar diluar area bangunan dan mengenai kabel udara tersebut, maka arus petir dapat merambat masuk kedalam bangunan.

Bila ini terjadi maka perangkat elektronik yang sedang aktif akan mengalami gangguan bahkan kerusakan fatal, tidak hanya itu saja hal tersebut akan menyebabkan kebakaran karena adanya konsleting listrik.

Arrester Power Tegangan Tinggi

Arrester Power Tegangan Tinggi

Pada dasarnya di jaringan kabel udara PLN sudah di lengkapi perangkat Penahan lonjakan tegangan  akibat Petir (Arrester Lightning), di setiap Gardu Induk ~ Gardu Distribusi ~ Travo Distribusi. Akan tetapi sambaran petir susah untuk di prediksi ( waktu, tempat dan besarnya kekuatan) yang ditimbulkan dan pada kenyataannya yang terjadi adalah efek petir tersebut masih saja bisa masuk dan merusak perangkat elektronik yang ada, sebagai langkah aman Maka sebaiknya kita melindungi jaringan perangkat elektronik yang kita miliki dengan memasang internal protection atau perlindungan dari dalam yaitu dengan Arrester Petir. Pertimbangan yang mendasarinya adalah disaat petir menyambar sebuah tempat maka arus petir akan bisa merambat kemana saja. menjalar mengikuti kabel jaringan listrik, Komunikasi, atau struktur logam bangunan, bisa kabel listrik, kabel data, kabel antena atau bahkan bisa jadi melewati  kawat jemuran rumah.

Jadi fungsi instalasi penangkal petir pada dasarnya adalah menghindarkan sebuah obyek bangunan dari kerusakan fatal akibat aliran arus petir yang besar , sedangkan untuk menghindari kerusakan peralatan elektronik yang diakibatkan oleh arus bias / induksi petir yang masuk di jaringan kabel haruslah dipasang peralatan Arrester Petir.

Teknik yang standart adalah dengan memasang internal protection dengan menggunakan Surge Arrester petir secara berlapis :

  • Level 1 Lightning Current Arrester / penangkal arus petir
  • Level 2 Surge Arrester / penangkal tegangan kejut petir
  • Level 3 Device Arrester /penangkal tegangan induksi petir

Pemasangan dengan ke tiga Level Arrester Petir sekaligus akan bisa menahan segala kemungkinan kerusakan akibat arus petir yang masuk melalui jaringan Daya .

Merancang Penangkal Petir dengan Arrester Petir di bangunan kita

Diagran Pemasangan Arrester

Diagran Pemasangan Arrester

    • Perlindungan Penuh

Yang dimaksud Perlindungan Penuh Bahaya Petir adalah mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi sudah disiapkan pengamanannya. Kita telah bahas singkat di atas bahwa petir susah di prediksi waktu , tempat dan besarnya jadi sangat perlu untuk memasang arrester petir sampai 3 tahap pengamanan .
Untuk tipe perangkat dan jenis Surge Arrester Petir disesuaikan dengan besar kebutuhan daya penggunaan, untuk kebutuhan daya kami bagi menjadi tiga macam
1. Industri =>
Level 1 dgn tipe FLASHTRAB FLT PLUS
Level 2 dgn tipe VALVELTRAB Compact
Level 3 dgn tipe Rail Mountable
2. Perkantoran =>
Level 1 dgn tipe FLASHTRAB Compact Plus
Level 2 dgn tipe VALVELTRAB-MS/F-MS
Level 3 dgn tipe Rail Mountable
3. Rumah Tinggal =>
Level 1 dgn tipe …
Level 2 dgn tipe …
Level 3 dgn tipe …

    • Perlindungan Menengah.

Perlindungan Menengah Bahaya Petir dilakukan dengan pertimbangan bahwa bahaya sambaran langsung yang mengenai jaringan listrik di dekat bangunan, kecil kemungkinannya  terjadi. misalnya lokasi bukan daerah dengan curah petir tinggi, maka  arrester petir yang akan digunakan bisa di kurangi  untuk pengamanan Level 1, tetapi hal ini hanya sebatas inisiatif penghematan tapi apabila menginginkan perlindungan secara penuh akan lebih baik.

  1. Industri => Level 1 dgn tipe … Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe …
  2. Perkantoran =>Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe …
  3. Rumah Tinggal =>Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe …
    • Perlindungan Khusus.

Yakni perlindungan perangkat akan Bahaya Petir hanya sampai kepada masing-masing peralatan itu saja, hal ini dipilih dengan pertimbangan bahwa  jumlah peralatan elektronik  penting yang berada di bangunan tidak terlalu banyak atau mempunyai lingkup khusus.  pengguna rumah tinggal, kantor kecil, pertokoan  cocok untuk sistem ini.