December 5, 2022

PEMASANGAN PENANGKAL/PENYALUR PETIR YANG TIDAK BENAR HANYA BERFUNGSI SEBAGAI PENGUNDANG BUKAN PENYALUR.

 

Penangkal petir Electrostatis Kurn Black Box Canggih PATEN    merupakan alat yang memiliki kecanggihan digunakan untuk menarik arus listrik sambaran petir, bukan untuk menghindarkan sambaran petir. Arus listrik dari samabaran petir yang terkena penangkal petir akan di alirkan menggunakan kabel logam tembaga llistrik menuju grounding sisyem sehingga arus akan di uraikan kedalam permuakaan tanah.

Saat ini terdapat 2 jenis penangkal petir yaitu elektrostatis modern dan konvensional. Kedua jenis ini di bedakan dari mode perlindungan proteksi terhadap sambaran petir, untuk penangkal petir konvensional (splitzen) memiliki mode proteksi pasif terhadap sambaran. Dengan sebutan jenis konvensional akan menunggu sambaran mengenai tombak / splitzen penangkal petir.

Untuk penangkal petir elektrostatis memiliki motode proteksi aktif radius, dengan artian penangkal petir jenis ini akan menarik sambaran petir yang menyambar di radius proteksi air terminal penangkal petir. Nah, untuk penangkal petir elektrostatis / radius umumnya mempunya jarak radius paling kecil 30 meter hingga paling luas 300 meter.

Untuk penangkal petir radius Kami menjual dari berbagai macam brand import maupun lokal.

Pembumian / grounding sistem / arde / earthing sistem adalah sistem untuk pembungan arus listrik lebih. Sistem ini menggunakan berbagai macam rangkaian dengan menggunakan media tanah sebagai pembias / pengurai arus lebih. Struktur sistem pembumian terdiri dari berbagai macam komponen seperti kabel, klem, busbar, grounding rod, dll sebagai konduktor dan penyambung rangkaian.

Jika grounding tidak berjalan lancar seperti resistensi tanah tidak dibawah 2 ohm, kemudian sistem pembumian di aliri arus listrik tinggi (misal dari sambaran petir) maka arus tidak akan hilang tetapi malah bisa menyebabkan meledaknya sistem grounding atau air terminal, dampak dari ledakan akan menyebabkan alat elektornik menjadi rusak, bahkan bisa mematikan untuk manusia.

earth tester digital
Earth tester digital

Kualitas grounding dapat dilihat dari resistans atau nilai tahanan dalam satuan Ohm yang terukur di koneksi grounding tersebut, hal ini adalah parameter yang paling penting dalam menilai kualitas grounding.

Grounding yang baik adalah, yang memilki nilai tahanan yang kecil, semakin kecil nilai tahanannya maka semakin baik grounding tersebut. Artinya arus gangguan listrik atau petir dapat lebih cepat menuju bumi tanpa hambatan berarti. Perlu diketahui bahwa listrik dapat mengalir dengan cepat pada kabel/penampang yang kecil tahanannya.

Dalam PUIL 2000 diterangkan bahwa, nilai maksimal tahanan yang umum dipakai untuk instalasi listrik rumah adalah 5 Ohm, sedangkan untuk instalasi petir nilai tahannya maksimal 2 ohm.

Dengan ketentuan di atas maka panjang pendeknya grounding rod yang terpasang tidak dapat menjadi penentu nilai tahanan suatu grounding, hal tersebut disebabkan karena terdapat perbedaan kondisi tanah dimana instalasi grounding ini dipasang. Bila kondisi tanahnya mempunyai nilai tahanan rendah, maka cukup dipasang satu atau dua batang grounding rod dan tahanan yang terukur dapat mencapai dibawah 5 Ohm.

Bila tahanan terukur masih tinggi, maka panjang grounding rod harus ditambah agar lebih dalam lagi. Akan tetapi, PUIL 2000 menjelaskan, jika daerah yang mempunyai jenis tanah yang nilai tahanannya tinggi, tahanan grounding-nya boleh mencapai maksimal 10 Ohm.

contoh pengukuran menggunakan earth tester-mediapetir.com
Contoh penggunaan earth tester

Dalam menentukan nilai tahanan suatu grounding, alat yang dipakai adalah “earth tester”, alat ukur ini sudah menjadi alat wajib bagi kontraktor yang mengerjakan instalasi grounding. Dengan alat ini kita dapat memastikan bahwa nilai tahanan yang terukur sudah sesuai dengan persyaratan instalasi grounding.

Kesimpulan:

Dalam menentukan kualitas grounding/Arde yang perlu diketahui adalah nilai resistansinya, jadi bukan berapa panjang grounding rod yang tertanam ke bumi.

Berikut manfaat dari grounding sistem

  • Mencegah timbulnya tegangan kejut listrik (shock) yang membahayakan orang di sekeliling daerah tersebut.
  • Sebagai sistem proteksi terhadap kinerja peralatan listrik dan juga elektronik, agar performanya tetap berjalan lancar.
  • Sebagai sistem perlindungan peralatan listrik dan rangkaian listrik, agar tidak rusak akibat timbulnya tegangan kejut listrik dari petir.
  • Menyalurkan energi dari sambaran petir yang mengenai komponen penangkal petir ke tanah.
  • Sebagai sistem untuk meningkatkan performa atau memperbaiki performa dari sistem kelistrikan.
  • Agar dapat menghasilkan arus tertentu yang besar dan juga lama timbulnya arus tersebut tidak akan menyebabkan ledakan dan juga kebakaran pada bangunan dan seisinya.
  • Melindungi orang-orang dari bahaya sengatan listrik, baik dalam kondisi normal maupun tidak dari tegangan sentuh serta tegangan langkah.

Faktor Logam Berpengaruh Terhadap Sistem Pembumian

Agar sistem pembumian dapat bekerja dengan maksimal dan sesuai peruntukannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal seperti kondisi lingkungan.
  1. Syarat agar sistem pembumian dikatakan layak adalah apabila tahanan sebaran resistansi yang dimiliki sistem pembumian paling besar 2 Ohm. Sehingga apabila nilai tahanan bisa di bawah 2 Ohm, akan lebih baik.
  2. Material Logam Tembaga grounding yang digunakan untuk melakukan pembumian penangkal petir adalah material batang tembaga, kerucut tembaga, dan lempeng tembaga. Luas permukaan material pembumian penangkal petir yang ditanam ke tanah sangat berpengaruh terhadap nilai resistansi dari penangkal petir. Nilai resistansi semakin rendah ketika luas permukaan material pembumian penangkal petir yang ditanam ke tanah semakin besar. Kinerja penangkal petir dikatakan semakin baik, apabila nilai resistansinya semakin rendah.
  3. Kedalaman pemancangan batang logam elektroda bergantung kepada jenis tanah dan sifat tanah tersebut. Jenis tanah yang keras serta berbatu, maka lebih efektif apabila pemancangan dilakukan dalam ke dalam tanah. Sementara itu, pada tanah yang lebih gembur seperti tanah liat dan tanah rawa, maka pemancangan batang logam elektroda cukup dilakukan secara dangkal.
Nilai tahanan jenis tanah yang merupakan nilai resistansi tanah. Analisis nilai tahanan jenis tanah harus dilakukan sebelum dilakukan pemancangan batang logam.

Standar ohm grounding penangkal petir

Hasil Pengukuran Resistensi Grounding

Perlu di ketahui, membuat grounding penangkal petir itu pekerjaan yang susah-susah gampang.  Susahnya Pembuatan grounding ini bisa menjadi sulit apabila tak mengenal metode membuat grounding yang benar sehingga berfungsi dengan baik dengan nilai tahanan dibawah 1 Ohm. Sebelumnya agar mudah untuk dipahami, grounding merupakan sebagai media penghantar antara instrumen elektronik dengan media netral, yaitu tanah. Jadi posisi grounding berada di tengah. Sebab ini merupakan bagian dan konstruksinya harus layak dan berfungsi dengan bagus. Standar ohm grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Coba Anda bayangkan apabila groundingnya tak bekerja, ini sama saja memutus rangkaian antara instrumen elektronik, dalam hal ini penangkal petir dengan tanah sebagai media pembuangan, sehingga akan fatal sekali! Kedalaman grounding penangkal petir adalah suatu hal yang cukup penting. Biasanya semakin dalam pemasangan grounding penangkal petir akan semakin baik nilai tahanan grounding nya. Pengukuran grounding penangkal petir sangat diperlukan untuk mengetahui nilai tahanan grounding penangkal petir. Adapun nilai grounding penangkal petir yang terbaik sebaiknya tidak lebih besar dari 2 Ohm. Ukuran grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Diperlukan alat ukur grounding penangkal petir untuk mendapatkan nilai grounding 2 Ohm tersebut. Adapun salah satu yang paling mudah dan biasa digunakan dalam membuat grounding penangkal petir dengan tipe pasak. Disebut seperti ini dikarenakan wujudnya seperti pasak yang ditanam di tanah dengan posisi tegak lurus. Jenis grounding pasak cocok untuk tanah bersedimen tanah liat dan endapan lumpur.
Kedalaman grounding penangkal petir adalah suatu hal yang cukup penting. Biasanya semakin dalam pemasangan grounding penangkal petir akan semakin baik nilai tahanan grounding nya. Standar ohm grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Pengukuran grounding penangkal petir sangat diperlukan untuk mengetahui nilai tahanan grounding penangkal petir. Ukuran grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Adapun nilai grounding penangkal petir yang terbaik sebaiknya tidak lebih besar dari 2 Ohm. Diperlukan alat ukur grounding penangkal petir untuk mendapatkan nilai grounding 2 Ohm tersebut.
Untuk rincian material grounding ragam pasak ini adalah sebagai berikut :

1. Bahan Logam Tembaga murni Pembumian , pakai material merupakan : As Besi, As Tembaga Copper Rod (yang full tembaga, jangan yang banci) atau Besi Croom, Pipa Galvanise yang ujung bawah dililit kabel BC sepanjang minimal 60 cm. Usahakan pakai logam tembaga yang anti karat. Kedalaman grounding penangkal petir adalah suatu hal yang cukup penting. Biasanya semakin dalam pemasangan grounding penangkal petir akan semakin baik nilai tahanan grounding nya. Standar ohm grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Ukuran grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm.

2. Kabel Penghantar Penangkal Petir, pakai material merupakan : Kabel BC Minimal dengan Penampang minimal 50 mm (FULL, bukan banci). Standar ohm grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Di bawah itu tak menjamin berfungsi dengan baik. Ukuran grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm.

3. Material koneksi ke instrumen eletronik, pakai material seperti: skoen, mudah dilepas dan diganti apabila rusak. Beli bus bar dari lempeng tembaga sebagai terminal bonding. Pengukuran grounding penangkal petir sangat diperlukan untuk mengetahui nilai tahanan grounding penangkal petir. Ukuran grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Adapun nilai grounding penangkal petir yang terbaik sebaiknya tidak lebih besar dari 2 Ohm. Standar ohm grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Diperlukan alat ukur grounding penangkal petir untuk mendapatkan nilai grounding 2 Ohm tersebut.

4. Bahan tambahan untuk memperkecil resistan tanah, pakai material seperti bentonit, hanya sebagai alternatif, lebih bagus tak sebab resistan tanah yang autentik jauh lebih bagus. Pengukuran grounding penangkal petir sangat diperlukan untuk mengetahui nilai tahanan grounding penangkal petir. Ukuran grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Standar ohm grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Adapun nilai grounding penangkal petir yang terbaik sebaiknya tidak lebih besar dari 2 Ohm. Diperlukan alat ukur grounding penangkal petir untuk mendapatkan nilai grounding 2 Ohm tersebut.

5. Proktektor Pipa PVC, yang digunakan sebagai selubung (konduit) dari kabel grounding yang ditanam dalam dinding / tembok atau untuk trek kabel BC dari penangkal petir (konduktor). Kedalaman grounding penangkal petir adalah suatu hal yang cukup penting. Biasanya semakin dalam pemasangan grounding penangkal petir akan semakin baik nilai tahanan grounding nya. Ukuran grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Standar ohm grounding penangkal petir sebaiknya bernilai paling tinggi 2 Ohm, namun sebaiknya dibawah 1 Ohm. Pengukuran grounding penangkal petir sangat diperlukan untuk mengetahui nilai tahanan grounding penangkal petir. Adapun nilai grounding penangkal petir yang terbaik sebaiknya tidak lebih besar dari 2 Ohm. Diperlukan alat ukur grounding penangkal petir untuk mendapatkan nilai grounding 2 Ohm tersebut.

 

Semen Bentonite 50 KG Grounding

Semen Bentonite berfungsi untuk membantu menurunkan nilai resistansi tanah untuk grounding, agar nilai resistansi tanah yang kita inginkan efektif tercapai maka pembuatan grounding bisa mengunakan bantuan tanah/semen bentonite yang fungsinya bisa menahan air atau menjaga kelembaban air tanah

NAMA : BENTONITE

BERAT : 50 KG

KEMASAN : KARUNG

ASAL PRODUK : INDONESIA

Kami Mitra Technic Global adalah perusahaan yang bergerak dibidang supply material dan jasa Penangkal Petir, Grounding System dan Exothermic Welding (Penyambungan kabel).

UNTUK INFORMASI HARGA, KETERSEDIAAN STOCK, PEMESANAN, SILAHKAN HUBUNGI KAMI :

Catatan :

MITRA TECHNIC GLOBAL Melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pengiriman di luar JAWA TENGAH, kami bekerjasama dengan jasa ekspedisi ( darat, laut, udara) yang dapat diandalkan baik dari segi biaya atau ketepatan waktu seperti : TIKI, JNE, MEX ( via udara) , HERONA ( via kereta) dan lain sebagainya.
MITRA TECHNIC GLOBAL Melayani Pengerjaan Penangkal Petir, Jasa Cadweld ( Jasa Cadwelding) , Pengelasan Kabel.

Pemasangan Penangkal Petir Import Stadion Jati Diri Semarang

 

ERICO

– LPI Guardian

– Prevectron Indelec

– Nimbus CPT

– Bakiral

– Orbital

– Helita

– Raychem

– dll

Penangkal Petir Lokal

– KURN

– Bluecrn

– VIKING

– NEO FLASH

– FLASH VECTRON

– THOMAS

– UFO

– GENT

– ORION

– EVO FRANKLIN

– ZEUS

– DLL

Kami juga menyediakan aksesoris pendukung penangkal petir jenis radius sepert FRP, Lightning Counter (alat penghitung sambaran), dll. Berikut dibawah ini merupakan produk penangkal petir elektrostatis yang Kami jual.

Lokasi : Pemasangan Anti Petir

Stadion Jati Diri Semarang